Jl. Jendral Sudirman Km.3, Kota Palopo, Sulawesi Selatan
(0471) 327429
FEB Rapat dengan Praktisi Mengajar: Penyamaan Persepsi dan Silaturahmi

Dikutip dari Website UM Palopo - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palopo menggelar rapat dosen praktisi pada Kamis, 7 September 2023 yang dihadiri oleh para praktisi mengajar profesional. Rapat ini merupakan langkah progresif dalam upaya meningkatkan kualitas lulusan dengan kompetensi yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Acara ini dipimpin langsung oleh Dr. Antong, S.E, M.Si, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMPalopo dan didampingi oleh wakil dekan I Dr. (cand) Sriwahyuni, S.E, M.Si., Wakil Dekan II Saharuddin, S.E, M.M., Wakil Dekan III Asriany, S.E, M.M., dan seluruh kepala program studi.

Rapat dosen praktisi ini bertujuan untuk mengintegrasikan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan praktisi di dunia bisnis ke dalam proses pembelajaran di universitas. Hal ini tetap diarahkan pada pencapaian CPMK dengan basis pengetahuan empirik dan keterampilan mahasiswa. Dr. Antong dalam sambutannya mengatakan, “Kami menyadari bahwa dunia kerja terus berubah dan berkembang dengan cepat. Oleh karena itu, kami ingin memastikan bahwa lulusan kami siap untuk menghadapi tantangan dalam karier mereka.

Rapat dosen praktisi ini adalah salah satu langkah konkret dalam mempersiapkan pembelajaran bagi mahasiswa untuk menjadi profesional yang kompeten. Proses kolaborasi praktisi mengajar dengan dosen diharapkan membawa wawasan dan pengalaman praktis mereka untuk memberi skil atau minimal gambaran nyata kebutuhan dunia kerja”.

Sulham yang merupakan salah satu manajer pada PT. Dua Kelinci termasuk praktisi yang hadir dalam rapat tersebut, menyatakan, “Ini adalah kesempatan yang sangat berharga untuk mendekatkan dunia akademik dengan dunia kerja. Mahasiswa harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang bagaimana bisnis beroperasi di dunia nyata, dan kami dengan senang hati berbagi pengalaman kami”. Hal senada disampaikan oleh praktisi lainnya bapak Hasanuddin dan ibu Sahala.

Rapat ini juga menggarisbawahi pentingnya keterlibatan mahasiswa dalam situasi nyata di industri melalui magang dan proyek kolaboratif. Ini memungkinkan mereka untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis yang diperoleh di kelas ke dalam situasi praktis.Dr. Antong menegaskan, “Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMPalopo memiliki kualitas dan kompetensi yang diperlukan oleh dunia kerja. Kolaborasi dengan praktisi merupakan langkah konkrit untuk mencapai tujuan ini.”

Rapat dosen praktisi ini di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMPalopo mendorong sinergi antara pendidikan tinggi dan dunia bisnis, memberikan nilai tambah kepada mahasiswa, dan menjawab tuntutan pasar kerja yang semakin kompetitif. Melalui upaya bersama ini, diharapkan lulusan-lulusan dari fakultas ini akan menjadi profesional yang siap bersaing dan memberikan kontribusi positif dalam dunia bisnis dan ekonomi.