Jl. Jendral Sudirman Km.3, Kota Palopo, Sulawesi Selatan
(0471) 327429
Pertama di Palopo, Universitas Muhammadiyah Buka Perkuliahan Jalur RPL yang Ingin Bekerja Sambil Kuliah
Dikutip dari webite Koran SeruYa! Universitas Muhammadiyah (UM) Palopo kini membuka perkuliahan jalur rekognisi pembelajaran lampau (RPL), bagi anda yang ingin kuliah S1 sambil bekerja. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Palopo, Dr.Antong S.E M.Si mengatakan RPL merupakan jalur kuliah yang memungkinkan pengalaman kerja sebagai ganti dari pemenuhan satuan satuan kredit semester (SKS).

“Saat ini kita sudah membuka perkuliahan jalur RPL untuk orang yang bekerja bisa mendapat pengakuan mata kuliah pekerjaannya,” katanya, Sabtu 17 Juni 2023. Waktu yang digunakan untuk menyelesaikan S1 pada jalur RPL terbilang cukup singkat, yaitu kurang lebih dua tahun. Adapun dokumen yang perlu disiapkan calon mahasiswa untuk dapat dikonversi menjadi SKS matakuliah adalah SK, sertifikat pelatihan, surat tugas, dan semua dokumen yang berkaitan dengan pekerjaannya, atau transkrip nilai bagi yang pernah kuliah tapi berhenti.

“Tamat SMA/sederajat, bekerja minimal 2 tahun atau pernah kuliah tapi berhenti,” ujar Antong. UM Palopo adalah kampus pertama di Kota Palopo yang menerapkan RPL dan sudah mengantongi izin dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (*)